18 Dec 2012

Napoleon dan Islam

Tau Napoleon kan? Itu loh Napoleon Bonoparte, pahlawan besar Perancis. Ternyata beliau muslim :) Paparan ini bersumber dari novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Lets read to enrich your knowledge ;)

Isu Napoleon menjadi muslim ini diungkap resmi Prancis, Le Moniteur Universel (terbit dalam kurun waktu 1789-1868). Disebutkan bahwa Napoleon resmi menjadi muslim pada 1798. Kutipan berita inilah yang kemudian dimuat dalam buku Satanic Voices - Ancient and Modern karya David Musa Pidcock tepatnya pada halaman 61.

Buku Pidcock ini terbit pada 1992, demikian tulisan yang dikutip media.isnet.org. Entah mengapa jika berita ini baru terungkap saat ini, 20  tahun kemudian.

Kembali lagi ke buku Pidcock, disebutkan juga bahwa Napoleon memilih nama Ali Napoleon Bonoparte. Napoleon disebut-sebut mengakui superioritas hukum islam, bahkan menerapkannya di kekaisarannya di Prancis. Prinsip-prinsip syariah ini sempat dimasukkan ke dalam Civil Code Napoleon atau hukum yang ditulis oleh Napoleon. Code Napoleon ini kemudian menginspirasi konstitusi Prancis dan konstitusi negara-negara taklukan Napoleon di Eropa. Hubungan Napoleon dengan Islam diungkapkan juga dalam Bonoparte dan Islam atau versi Prancisnya Bonoparte et Islam, tulisan Christian Cherfils. Bangunan-bangunan Napoleon sengaja dibuat membentuk garis imajiner yang searah dengan kiblat di Mekkah.

Sekembalinya dari Mesir, menurut sebuah surat kabar saat itu, Napoleon menjadi begitu religius. Banyak kutipan dalam sejarah yang mengatakan dia begitu mengagumi Al-Qur'an dan Nabi Muhammad SAW. Sebagian orang menganggap itu hanya strategi perang Napoleon untuk merengkuh hati rakyat Mesir yang sudah ditaklukannya. Namun ada sistem hukum yang dia buat sekembalinya di Paris, yang dia katakan terinspirasi dari pertemuannya dengan seorang imam di Mesir yang mengundangnya pada sebuah acara Islam, dari situlah dia menelurkan apa yang disebut Napoleon Code. Kalau dicermati, pasal-pasalnya senapas dengan syariah islam.


Gambar wajah Napoleon Bonoparte

0 Comments:

Post a Comment