20 Jul 2012

Resume buku: Future of Education : Sayling Wen


Judul : FUTURE OF EDUCATION (Masa Depan Pendidikan)
Penulis : Sayling Wen
- Peranan seorang usahawan teknologi tentang peran IT dalam merevolusi pendidikan di Asia
Sayling Wen dalam bukunya, mengusulkan dipadukannya pengajaran aplikasi komputer ke dalam kurikulum sekolah, karena ini akan melayani kebutuhan para pelajar yang berbeda-beda minat dan talentanya, serta mengembangkan kemampuan untuk belajar seumur hidup ketimbang sekedar melahap pengetahuan.

Beberapa bab dalam buku ini yg sngguh inspiratif^^ diantaranya :
^^Perubahan Dalam Kualitas Pendidikan
-Dari 'pendidikan yang berorientasi pada pengetahuan' menjadi 'pengembangan ke segala arah yang seimbang'
Sekolah bukanlah sekedar tempat pelatihan demi pekerjaan dan karir. Sekolah bukanlah dimaksudkan untuk sekedar mendidik dokter, pengacara, akuntan, tetapi juga mengembangkan kemampuan umum para siswa, termasuk pemikiran, kemampuan mental, kemampuan reflektif, serta keterampilan berpikir mereka.
Sederhananya, sekolah itu mengembangkan 'kapasistas belajar'.
Tanggung jawab sekolah adalah memastikan agar para siswa BELAJAR ketimbang melengkapi apapun yg ada dalam buku teks.

^^Sekolah Masa Depan
-Dimana-mana adalah sekolahku, semua orang adalah guruku
Yang diajarkan sekolah masa lalu adalah pengetahuan umum. tetapi sekolah masa depan mungkin akan menjadi pusat pelatihan keterampilan, seperti pusat kursus yang sekarang ini. Apapun yang berkontribusi thd pertumbuhan manusia dapat disebut sekolah, tidak seperti sekarang, ketika kondisi-kondisi tetap tertentu harus dipenuhi sebelum sesuatu bisa dianggap sekolah.

^^Guru Masa Depan
Ada guru yang seumur hidupnya mengajar sejarah, matematika, atau fisika, menggunakan catatan yang sama. Tahun demi tahun, siswa-siswanya diganti, tetapi sang guru tetap sama. Dalam peran yang seharusnya 'mencerahkan dan mempersiapkan generasi muda', sang guru hanya menyampaikan bahan-bahan yang sudah demikian usang. Bagaimana pendidikan bisa maju?

Senang bisa berbagi,
Syukron and good day!!

0 Comments:

Post a Comment