13 Jan 2012

Nyanyikanlah Materi Pelajaran Tentang Kisah Atau Sejarah Agar Siswa Tertarik Mendengarkannya

Sudah pernah mendengar kisah 8 dirham Rasulullah SAW ? Kisah tersebut adalah kisah yang mencerminkan keteladanan, kedermawanan, dan kemuliaan Rasulullah SAW. Tidak sedikit diantara kita yang baru tahu kisah tersebut semenjak penyanyi Gita Gutawa menyanyikannya dengan lagu yang berjudul "Kisah 8 Dirham". Dalam posting blog saya sebelumnya juga membicarakan mengenai penggunaan nada dalam materi pelajaran. Nada dicerna dengan menggunakan otak kanan, sedangkan Materi yang berhubungan dengan hafalan akan dicerna dengan otak kiri. Dengan menggunakan nada dalam menyajikan materi, membantu keseimbangan otak kanan dan kiri siswa sehingga materi tersebut lebih cepat terserap dan lebih lama bertahan dalam otak. Dalam hal ini, tentunya guru harus mengkombinasikan metode nada dengan baca untuk mendidik siswa agar terbiasa membaca.

Berikut ini adalah kisah 8 dirham Rasulullah SAW. Simak dan baca baik-baik ya...
 
Suatu hari Rasulullah SAW bermaksud belanja. Dengan bekal uang 8 dirham, beliau hendak membeli pakaian dan peralatan rumah tangga. Belum juga sampai di pasar, beliau mendapati seorang wanita yang sedang menangis. Beliau sempatkan bertanya kenapa menangis. Apakah sedang ditimpa musibah ? Perempuan itu menyampaikan bahwa ia adalah seorang budak yang sedang kehilangan uang sebesar 2 dirham. Ia menangis sangat takut didera oleh majikannya. Dua dirham dikeluarkan dari saku Rasulullah untuk menghibur perempuan malang tersebut. Kini tinggal 6 dirham. Beliau bergegas membeli gamis, pakaian kesukaanya. Akan tetapi baru beberapa langkah dari pasar, seorang tua lagi miskin setengah teriak berkata, "Barang siapa yang memberiku pakaian, Allah akan mendandaninya kelak." Rasulullah memeriksa laki-laki tersebut. Pakaiannya lusuh, tak pantas lagi dipakai. Gamis yang baru dibelinya dilepas dan diberikan dengan sukarela kepadanya. Beliau tak jadi memakai baju baru.

Dengan langkah ringan beliau hendak segera pulang. Akan tetapi lagi-lagi beliau harus bersabar. Kali ini beliau menjumpai perempuan yang diberi dua dirham tersebut mengadukan persoalan, bahwa ia takut pulang. Ia khawatir akan dihukum oleh majikannya karena terlambat. Sebagai budak saat itu nilainya tidak lebih dari seekor binatang. Hukuman fisik sudah sangat lazim diterima. Rasulullah diutus di dunia untuk mengadakan pembelaan terhadap rakyat jelata. Dengan senang hati beliau antarkan perempuan tersebut ke rumah majikannya. Sesampainya di rumah, beliau ucapkan salam. Sekali, dua kali belum ada jawaban. Baru salam yang ketiga dijawab oleh penghuni rumah. Nampaknya semua penghuni rumah tersebut adalah perempuan. Ketika ditanya kenapa salam beliau tidak dijawab, pemilik rumah itu mengatakan sengaja melakukannya dengan maksud didoakan Rasulullah dengan salam tiga kali. Selanjutnya Rasulullah menyampaikan maksud kedatangannya. Beliau mengantar perempuan yang menjadi budak tersebut karena takut mendapat hukuman. Rasulullah kemudian menyampaikan, "Jika perempuan budak ini salah dan perlu dihukum, biarlah aku yang menerima hukumannya." Mendengar ucapan Rasulullah in penghuni rumah terkesima. Mereka merasa mendapat pelajaran yang sangat berharga dari baginda Rasulullah. Karena secara refleks mereka menyampaikan, "Budak belian ini merdeka karena Allah." Betapa bahagianya Rasulullah mendengar pernyataan itu. Beliau sangat bersyukur dengan uang 8 dirham mendapat keuntungan ribuan dirham, yakni harga budak itu sendiri. Beliau berkata, "Tiadalah aku melihat delapan dirham demikian besar berkatnya dari pada delapan dirham yang ini. Allah telah memberi ketenteraman bagi orang yang ketakutan, memberi pakaian orang yang telanjang, dan membebaskan seorang budak belian."

Akhirnya, rahmat dan kasih sayang, bantuan dan pertolongan kepada masyarakat bawah akan mendatangkan kesejahteraan dan kemajuan. Allah berfirman dalam sebuah hadits Qudsyi. "Bahwanya Allah menolong hanba-Nya, selama ia menolong saudaranya."

Klik disini untuk melihat video klip Kisah 8 Dirham oleh Gita Gutawa :

Berikut adalah lirik lagunya :
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham Kisahnya Nabi Muhammad
Pada suatu hari saat hendak ke pasar
Nabi bawa uang sebanyak 8 Dirham
Nabi ingin membeli pakaian
Kemudian Nabi bertemu Budak Sahaya
Dia sedang menangis kehilangan 4 Dirham
Nabi pun memberi 4 Dirham kepadanya
Sisa uang nabi tinggal berapa?
tinggal 4 Dirham, tinggal 4 Dirham
Teladannya Ya Rasulullah
Teladannya untuk bersedekah
Teladannya Nabi Muhammad
Teladannya selalu bersabar
Tiba-tiba ada orang memanggil Nabi
Oh Ya Rasulullah tolong aku kelaparan
Nabipun memberi 2 Dirham kepadanya
Sisa uang nabi tinggal berapa?
tinggal 2 Dirham, tinggal 2 Dirham
tinggal 2 Dirham, tinggal 2 Dirham
Dengan tersenyum beliau masuk ke pasar
kini uang nabi hanya tinggal 2 Dirham
Sisa uang Nabi dibelikan pakaian baru
Nabi pulang kembali ke rumah
Dalam perjalanan berjumpa seorang pria
Oh Ya Rasulullah aku tak punya pakaian
Akan Nabi memberikan pakaian barunya
Kini semua telah nabi berikan
telah nabi berikan, telah nabi berikan
Teladannya Ya Rasulullah
Teladannya untuk bersedekah
Teladannya Nabi Muhammad
Teladannya selalu bersabar
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham
Bahagianya saat membahagiakan orang lain
Senangnya bila bisa menyenangkan sesama
Tetap memberikan walau tak banyak berpunya
Rasulullah ya teladan kami
Nabi Muhammad teladan kami
Itulah Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham Kisah 8 Dirham
Kisah 8 Dirham Kisah 8 Dirham
--------------------------------------------

Bagaimana??
Tentu akan lebih cepat memahami dengan nada, namun bila mengandalkan alunan nada saja tanpa membaca dapat membuat siswa menjadi malas. Oleh karena itu, guru harus pandai-pandai menggunakan taktik agar siswa terlebih dahulu membaca/memahami materi pelajaran, baru selanjutnya diberikan nada agar ingatan mereka semakin kuat.

4 comments:

  1. subhanallah, bagus banget ceritanya, ya Rasulullah engkau memiliki sifat yang sangat didambakan oleh semua umatMu.. aku mencintaimu dan rindu padamu ya Rasulullah.. :')

    untuk sang penulis terima kasih yaa, sebelumnya aku belum tahu cerita ini, tapi setelah membaca ini aku sekarang tahu .. dan ini bener2 cerita yang bagus bangeeet untuk dijadikan pelajaran.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Subhanallah luar biasa toladan umat islam, Rasulullah SAW. The Best Leader of the World.
      Seluruh kisah beliau sangat inspiratif :)

      Delete
  2. sku suka ceritanya dan laguny, maksih ya ini bsa aku critakan untuk adik dan siswa saya, serta ku nyanyikan pd mereka,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus banget itu bu Mirna :)
      Para siswa membutuhkan metode terbaik yang dapat membuat mereka menjadi siswa yang kreatif dalam berfikir... Semangat mengajar Bu Mirna :)
      Terimakasih atas kunjungannya

      Delete