4 Jul 2012

13 Tips penting berwisata ke Jogja :)

Kalian liburan kemana aja?
Sempetin deh ke Jogja atau
sekitarnya
Banyak hal menarik yang akan kamu temukan disana, terutama bagi Kamu yang ga pernah kesana. Kapan Lagi coba?
Untuk itu, saya ingin memberikan tips berpergian ke jogja:



1. Tentukan kenndaraan yg akan km gunakan
Dalam hal ini km harus menghitung berapa jumlah orang yg akan pergi bersamamu, berapa budget yg km miliki dan jam berapa km hrs sampai disana.
Kalau km berpergian secara rombongan, lebih efisien biaya kalau kamu menyewa bis yg bermuatan sesuai dgn jumlah rombonganmu.
Namun klw tidak rombongan, km bisa menggunakan bis umum, kereta, pesawat, atau mobil pribadi.
Dari Jakarta, lalau naik kereta, harga tiketnya 125ribu per org dengan lama perjalanan 12jam. Ini adalah biaya utk ekonomi ac dan Kelemahannya adalah tidak berhenti/singgah kecuali utk menaik/turunkan penumpang di stasiun. Keunggulannya cepat.
Kalau naik bus harga tiket 185rb per orang dgn lama perjalanan 12-14jam dan rute yg dilalui biasanya jalur pantura.
Kelemahannya adalah rawan kecelakaan. Keunggulannya adalah bisa singgah utk jajan/ solat/ toilet dan km mendapatkan snack dan makan berat.
Kalau naik pesawat, harga tiket 300rb (mgkin ada yg lbh murah) dan sangat cepat sampai.
Kalau naik mobil pribadi, biaya bensin premium 250ribu dan biaya supir 200ribu utk berangkat saja. Lalu bila kamu melewati jalur pantura (bag. utara pulau Jawa), bisa menghabiskan waktu 14-17 jam. Dan bila kamu melewati bag. Selatan pulau Jawa, kamu bisa menghabiskan waktu hanya 14 jam. Padahal kalau lewat bag. utara, jalannya lebih dekat karena hanya lurus saja, berbeda dengan jalur di bag. selatan yang berkelok-kelok dan agak berbahaya karena dekat jurang. Hal ini dikarenakan mobil memiliki ukuran mini dibanding dengan kendaraan lain yang melewati jalur pantura seperti truk, tronton, bis dan jalanan yang lurus seperti itu, meningkatkan kecepatan angin sehingga mobil agak berbahaya bila ngebut.

 2. Siapkan makanan yg banyak, jajanan, alat makan, bawa jaket, uang kecil, sebagai bekal di perjalanan. Km jg bs bw bantal agar tidurmu nyenyak.

3. Bawa alat navigasi atau peta klw km naik bis sewaan atau mobil pribadi
Ini hal yg penting krn memudahkanmu utk sampai tujuan tanpa nyasar dan membantu mencari rute akses terdekat. Saat ini smart phone sdh sgt byk beredar seperti blackberry, samsung galaxy dgn android nya, dan iphone. Km bisa mgunakan aplikasi maps atau navigation pada handphone tsb. Sekarang smart phone sgt variatif, km bisa mendapatkannya mulai harga 500ribu sampai yg sgt mahal, tergantung kebutuhanmu.

4. Selalu baca do'a setiap memulai perjalanan dan selalu mengingat Allah krn tempat baru tdk jarang memiliki  hal-hal mistis, terutama saat di kendaraan.
Berikut adalah do'a berkendara :
Bismillahi tawakaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illa billah
Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah.”
Do'a naik kendaraan laut :
Bismillaahi majraahaa wa mursaahaa innaa rabbi laghafuurur rahimu
“Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Huud:41)
Do'a naik kendaraan darat :
Subhanaanal ladzii sakhkhoro lanaa haadza wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbina lamunqolibuun
"Maha Suci Dzat Yang Memudahkan kendaraan ini bagi kami, sedangkan kami tidak dapat memudahkannya dan kepada Tuhan kami kembali."
5. Jgn terlalu byk bawa tas apalagi klw km pakai kendaraan umum.

6. Minum obat anti mabuk kendaraan menjadi hal yg wajib bila km adalah org yg tdk terbiasa melakukan perjalanan jauh. Saran saya, beli obat merek Antimo karena sudah terjamin khasiatnya.

7. Bawa pakaian secukupnya, peralatan mandi, buku bacaan agar tidak bosan  di perjalanan, peralatan solat, batre hp cadangan/ charger utk di kendaraan, dan obat-obatan pribadi.

8. Tentukan tempat wisata yg akan km kunjungi seperti borobudur, prambanan, pasar beringharjo, malioboro, pabrik bakpia pathok 25, restoran gudeg, angkringan, taman kota, dan masih banyak lagi.

9. Saat ke pasar, lebih baik bawa teman yg bisa bahasa jawa agar dpt menawar
Contohnya saja di pasar beringharj para pedagang menjual lebih mahal dari 2 kali lipat harga seharusnya. Kalau km tdk menawar dgn bahasa mereka maka tawaranmu sulit maksimal. Ini dikarenakan jogja merupakan kota wisata dgn byk turis baik turis mancanegara maupun turis asing.

10. Bersikap hemat
Jangan mudah terpengaruh dgn tawaran org2 yg menjual barang ini itu. Tempat wisata memang menjual brg2 unik tp kebanyakan dr brg2 itu adalah brg2 yg tdk benar2 km butuhkan. Belilah oleh2 secukupnya dan brg yg mmg benar2 km butuhkan namun tdk dijual di kotamu atau krn hrgnya lbh murah dibanding kotamu.

11. Bawa plastik lebih utk menyimpan sampahmu, berjaga2 kalau km muntah, serta utk menyimpan pakaian kotor. Ingat jagalah kebersihan selalu dan jangan buang sampah sembarangan, apalagi di kota wisata seperti jogja.

12. Pilih penginapan yg aman, harganya cocok, dan strategis agar mudah utk jalan-jalan.

13. Bagi muslim, kalau km orang jakarta dan sdg berwisata kurang dr 3 hari di jogja, lakukan solat dgn menjama' takdim atau takhir dan memendekkannya (qashar). Bila km mgunakan kereta yg tdk bisa singgah utk solat, lakukan solat dgn posisi duduk dan bila tdk bisa wudhu, lakukanlah tayamum.

Selamat berwisata ^_^ dan hati-hati di jalan.


Tugu Yogyakarta, juga disebut Tugu Pal Putih merupakan lambang kota Yogyakarta

0 Comments:

Post a Comment