16 Feb 2012

Tingkatkan Kecintaan pada Jilbab dengan Mengikuti Lomba Kreasi Jilbab Syar'i

"Jilbab Syar'i" Bukan hanya sekedar tudung kepala, bukan hanya menutup aurat, bukan hanya panjang, tapi juga.........

Apa pikiran pertama yang terlintas di otakmu saat mendengar kata "jilbab syar'i" ?
Bagiku, jilbab syar'i adalah suatu pakaian yang dikenakan wanita muslimah yang dapat melindungi tubuh dan menahan nafsu birahi syaitan, sesuai dengan hukum islam yang tertera dalam al-qur'an dan as-sunah shahih.

Kalau melihat definisi ala saya, yang tertera diatas, mungkin membuat banyak orang, terutama muslimah merasa 'kesulitan' untuk mengenakannya. Jilbab syar'i memang berbeda, tidak seperti topi, penutup kepala, krudung yang transparan dan tidak menutup dada. Namun, di era ini, modernisme fashion sudah mulai menular ke pakaian religi, yakni dengan terciptanya jilbab syar'i nan modis.



Sebelum masuk ke pembahasan jilbab syar'i dari sisi modernisme fashion, saya akan memaparkan beberapa syarat jilbab syar'i, yaitu :
1. Menutupi seluruh tubuh, kecuali yang dikecualikan
2. Menutupi ujung kepala hingga ke dada
3. Tidak tipis sehingga terlihat kulit dan bayangan tubuh dibaliknya
4. Tidak ketat sehingga tergambar jelas bentuk tubuhnya
5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki
6. Tidak dimaksudkan untuk pamer atau menarik perhatian laki-laki

Waktu ke waktu, tahun ke tahun, masa ke masa, perkembangan jilbab syar'i diseluruh dunia kian berkembang. Kalau dulu menggunakan jilbab seakan menjadi 'makhluk unik' karena terlalu timpang dengan lingkungan sekitar, kalau sekarang justru berbalik, perasaan bangga dan senang lah yang didapat saat jilbab telah menempel ditubuh ini. Identitas muslimah semakin terlihat jelas. Muslimah semakin mampu menginspiratif muslimah lainnya untuk taat kepada salah satu Hukum Allah, 'mengulurkan kain hingga ke dada'.

Desainer muslimah kini berperan aktif hingga ke kancah internasional untuk mendeklarasikan dakwahnya dengan cara mereka sendiri "Mengkreasikan jilbab untuk meningkatkan minat pemakainya". Berbagai lomba kreasi jilbab pun sering dilakukan setiap tahunnya. Pesertanya pun sangat beragam, tak peduli asal-usul mereka, pemahaman agama mereka, kualitas iman mereka, seluruh peserta muslimah bersatu dengan bersaing secara positif dalam perlombaan tersebut.  Para peserta adalah orang-orang yang ingin berkreasi menciptakan suatu kreatifitas dalam membalutkan busana muslimah dan jilbab syar'i sehingga dapat emotivasi dan menginspirasi para penonton yang melihat perlombaan ini.

Inilah lomba kreasi jilbab pertama yang pernah saya ikuti. Karena diwajibkan untuk membawa seorang model, saya pun mengajak adik saya. Lomba ini terjadi pada akhir tahun 2011, bertempat di dalam Masjid Nurul Irfaan dan diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah kampus UNJ. Banyak sekali model-model jilbab yang unik, lucu, canik, dan menawan yang telah diperagakan oleh peserta lomba lainnya. Ada yang menambahkan aksen bando, kepang, bunga, pita, tali, pilinan, berbagai simpul, dan masih banyak lagi. Uniknya, syarat utama dari perlombaan ini adalah 'mengkreasikan jilbab syar'i'. Tentu tidaklah mudah karena jilbab syar'i memiliki spesifikasi syarat yang sangat berbeda dengan kreasi krudung biasa. Hal inilah yang menyebabkan para panitia lebih selektif dalam menentukan pemenang.

Sebelum mengikuti perlombaan, pada H-1, saya latihan denga adik saya untuk bersama-sama menentukkan model yang tepat, cepat dan mudah. Kemenangan bukanlah tujuan utama saya dalam mengikuti lomba ini sekaligus mengajak adik untuk turut serta berperan dalam moba ini. Saya ingin menunjukkan pada adik saya bahwa meskipun syar'i, jilbab mampu mengembangkan kreatifitasmu, tidak mengekang, dan penuh dengan inspiratif. Hingga pada saat pengumuman pemenang tiba, ternyata tim kami memang belum mampu memenangkan perlombaan ini. That's no matter, sama sekali tidak masalah, karena dibalik perlombaan ini, banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang kami dapatkan, terutama untuk adik saya yang saat itu masih kelas 1 SMA.



Semangatlah para muslimah,
Pegang teguhlah tali agama Allah,
Buktikan bahwa kamu mampu,
Menginspirasi dan berprestasi,
Berdakwah untuk kemaslahatan umat
Allahu Akbar!

0 Comments:

Post a Comment