16 Apr 2012

Pembukaan & Penutup Kelas oleh Guru

Menjadi guru bukanlah kegiatan yang mudah. Harus penuh persiapan dan latihan. Apalagi bagi guru pemula seperti saya, segalanya harus dipersiapkan dengan baik. Opening dan Closing statement pun membutuhkan latihan agar saat dipraktikan di kelas tidak mengecewakan. Percaya diri harus dibangun. Teknik-teknik harus dikuasai. Tidak akan menjadi sulit bila dilaksanakan dengan nyaman dan sepenuh hati. Mungkin nampaknya sulit karena profesi guru adalah tugas memanusiakan manusia, bersikap untuk mengubah sikap manusia, dan langsung berhadapan dengan manusia, bukan dengan alat ataupun robot.


Untuk itu, meski tampak sepele, kalimat pembukaan di kelas menjadi penting untuk meningkatkan semangat belajar para siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran agar input dapat berjalan dengan lancar, prosesnya dapat diterima dengan baik oleh murid, dan outputnya memuaskan. Begitupun dengan closing statement. Jangan lupa untuk menanyakan kesimpulan materi yang telah dibahas kepada para murid untuk mengukur pemahaman mereka. Tak lupa pula memberikan tugas, menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya, serta menyisipkan motivasi-motivasi untuk membangun minat sukses para murid.

Inilah hasil rekaman Opening and Closing Statement Guru di kelas. Hasilnya tidak sempurna, namun dapat menjadi referensi dan menjadi pemicu bahwa di lain waktu harus lebih baik dari ini.



2 comments:

  1. wkwkwk... ko nanyanya malah "siapa yang ga masuk?" kalau saya ada disitu tunjuk tangan ah :D hehe

    ReplyDelete