16 Apr 2012

Banyak Bakso Boraks, Masak Sendiri Solusinya

Tau acara investigasi di salah satu televisi swasta kan? Program tersebut menampilkan betapa buruknya ulah para pedagang yang mencampukan bahan-bahan kimia berbahaya pada makanan yang mereka jual. Salah satu yang paling mengunggah perhatian saya yaitu pada makanan bakso dan somay. Seperti yang kita ketahui bersama, makanan tersebut begitu kenyal. Jarang sekali saya mencoba kedua jenis makanan tersebut yang tidak kenyal. Dan tahukah Anda bahwa bahan pengenyal yang banyak digunakan pedagang adalah BORAKS "bahan pengawet mayat yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi tubuh". Bahkan saya yakin, hewan pun dengan indra penciumannya yang tajam tidak mau memakan makanan yang mengandung boraks.


Dalam program acara tersebut, ditampilkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri mengenai ciri-ciri bahan makanan yang mengandung boraks. Telah diambil sampel somay yang harganya @Rp300, @Rp500, dan @Rp600. Hasilnya semua sampel mengandung boraks. Sontak saya kaget dan mulai saat itu saya menjauhi somay abang-abang (sebutan untuk somay yang dijajakan digerobak atau sepeda). Begitupun dengan bakso. "Perhatikan saja tektur makanannya. Apabila setelah dipotong dengan pisau makanannya tetap kenyal dan tidak hancur, berarti mengandung boraks", begitu kata seorang peneliti pada program TV tersebut.

Aw, Amazing, Makanan berbahaya dimana-mana, Danger, Be Careful!

Karena begitu menginginkan bakso, saya pun mencoba membuatnya dengan dibantu oleh adik saya dan diberikan instruksi langkah-langkahnya oleh mama saya. Beginilah hasil dokumentasi langkah-langkahnya:

Gambar disamping merupakan bakso yang telah dibentuk bulat-bulat dan dikukus. Bakso yang kami gunakan berasal dari daging cincang yang dihancurkan, lalu dicampur dengan bawang putih, sedikit garam, dan putih telur. Bawang putih berfungsi agar bakso tidak bau amis. Karena kami tidak punya alat pembuat bakso, jadi kami membentuk bulat-bulat bakso tersebut dengan sendok.



Tumis bumbu untuk kuah bakso. Bumbu tersebut hanya terdiri dari bawang putih dan garam. Mudah kan? Setelah ditumis, maka bumbu tersebut perlu direbus dengan air sampai mendidih, lalu masukkan bakso agar bumbu kuah meresap pada bakso tersebut.





Gambar disamping adalah rebusan kuah bakso yang telah dicampur dengan bakso.







Jadi deh, ENAK LOH! Sehat, segar, dan rasa bawang putihnya sangat pas dan tidak berlebihan. Cobalah dirumah sambil mengisi waktu luangmu. Selamat Berkreasi!

0 Comments:

Post a Comment