16 Apr 2012

Mau Jadi Guru yang Membosankan?

Kejadian ini terjadi saat saya masih SMA. Saya memiliki guru 'langka' yang memiliki kebiasaan tidak baik. Beliau terbilang ahli di bidangnya, namun tidak untuk urusan mengajar di kelas. Kebiasaan buruknya menjatuhkan kewibawaannya. Dapatkah Anda menebak kebiasaan apa itu?

Siang itu kegiatan belajar berlangsung seperti biasa. Biasanya saya dan teman-teman belajar di laboratorium khusus mata pelajaran guru 'langka' tersebut. Tapi, saat itu kami belajar di kelas. Siang itu seingat saya matahari memang sedang terik-teriknya. Mungkin inilah salah satu faktor mengapa guru tersebut mulai melakukan kebiasaan buruk. Beliau pun masuk ke kelas dan memberi instruksi kepada para murid untuk membaca buku dan mengerjakan latihan soal. 'Tanpa dijelaskan sedikitpun', kami pun mulai membaca buku tanpa memikirkan hak didik yang seharusnya kami dapatkan saat itu.

Para murid pun membaca buku dengan gayanya masing-masing. Namun, kabar baiknya suasana kelas masih tetap kondusif dan tidak berisik. Saat saya mulai bosan dengan buku yang "menjelimet" otak saya ini, saya pun menoleh kearah guru memberikan sinyal "permintaan bantuan" dari beliau. Apa yang saya dapatkan??? Ternyata 'guru' (entah sebutan tersebut tepat atau tidak), tidur di kelas. Disaat kami semua membutuhkannya, guru tersebut dengan kursi empuknya itu berleha-leha. Kami pun juga mengantuk karena saat itu sekolah mulai memberlakukan jadwal mulai pelajaran pada pukul 06.45 teng, anti telat. Jadilah saya harus bangun sangat pagi, belum lagi teman saya yang rumahnya sangat jauh dari sekolah.

Kejadian tersebut sudah berulangkali terjadi. Namun kami sama sekali tidak berkeinginan untuk protes mengingat materi yang diajarkan oleh beliau terbilang mudah dimengerti oleh para murid. Materi yang teramat sulit menjadi mudah bila dijelaskan oleh beliau. Kami masih menghargainya. Entahlah apakah tindakan tidur dalam kelas itu menunjukkan sikap penghargaan guru tersebut kepada para murid atau tidak. Lagi-lagi, kami tidak marah. Kami menganggap semua kejadian masa SMA adalah hal yang menyenangkan. All can be funny in SHS.

Teman saya pun mendapatkan ide untuk mengabadikan momen 'keren' ini. Tema foto ini ialah 'Tidur Jama'ah di kelas'. Gurunya tidur beneran, apa salahnya kami akting tidur di kelas?? Toh gurunya lagi merem. Kalau gurunya mulai melek, baru kami akting belajar. Kalau gurunya merem lagi, kami akting tidur lagi, deh.




0 Comments:

Post a Comment