9 Sept 2012

Surat Semangat karena Indonesia masih tahun 1982

Untuk murid-muridku tercinta, dibaca ya sampai habis...

_______________________________________________________________
Ada seorang anak bertanya: apa bedanya SMP dengan SMK/sederajat bu?

Lalu ibunya menjawab: tentu saja beda, gelarnya saja sudah beda, dan ilmunya lebih tinggi dan kalau sudah besar akan mendapatkan gaji yang lebih besar

Lalu anak itu bertanya lagi: Oh jadi anak SMK itu lebih hebat ya bu?

Ibu menjawab: Yah jelas...

Anak itu kurang puas dengan jawaban ibunya, lalu beberapa hari kemudian anak itu bertanya lagi pada ibunya: Bu, masih ingat dengan pertanyaanku kemarin? aku bingung, memang anak SMK itu lebih hebat ya?

Ibu: kamu nanya-nanya mulu deh, ibu bingung jelasin kamu jadinya.

Anak: Bu, penemu Antivirus ARTAV hanyalah anak SMP yang dibantu dengan adiknya yang anak SD. Lalu, pencetus sosial media salingsapa.com juga masih SMP, selain itu pada tahun 2010 kakak beradik yg masih SMP dan SD berhasil mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan olimpiade matematika tingkat dunia.

Ibu : Nah, kalo anak SMA, SMK, Mahasiswa, lebih banyak lagi prestasinya...

Anak: Tapi bu, abangku udah SMA masih aja main-main, belum buat prestasi apapun. Kaka sepupuku juga mentok-mentok prestasinya juara 3 di sekolahnya. Kok orang-orang yang ku tau tidak jauh lebih hebat daripada anak smp yg tadi kusebutkan yah.

Ibu: Itu karena kamu baru mencari yang berprestasi di SMP saja, coba kalau cari yang SMA/SMK, juga banyak kok.

Anak: Tapi, berarti anak SMP itu lebih hebat ya dari abang dan kaka sepupuku??

Ibu: (Semakin bingung jawab apa)

Bagaimana?
Sudah baca cerita di atas??
Nah, kenapa mereka BISA??? karena USAHA mereka jauh lebih keras dari pada kita. Mungkin ada beberapa orang setelah membaca ini berkata dalam hati "yah jelas, mereka pinter sejak lahir". Itu SALAH. Tahukah kamu, bahwa IQ seseorang hanya berpengaruh 15% terhadap prestasi, sisanya 85% adalah Emotional Quotient dan Spiritual Quotient. Yang berarti adalah 85% kesuksesanmu bergantung pada USAHA, KERJA KERAS, MOTIVASI, EMOSI, SIKAP, dan IBADAHMU.

Indonesia ini terlalu berleha-leha!! Negara kita tertinggal 30 tahun dibanding negara maju! bayangkan 30 tahun tertinggal!!! Kalau di negara maju sudah memasuki tahun 2012, sudah dapat membuat film aksi animasi, sudah dapat membuat handphone, mobil dengan daya luar biasa, komputer, komik yang mendunia, robot manusia, alat kedokteran canggih, yang terbaru adalah android tablet, dan masih banyak lagi, negara kita hanya masih menjadi negara yang konsumtif. Bila dibandingkan mereka, negara ini masih berada di tahun 1982 bagi negara maju. (Perandaian tahun ini bukan tebak-tebakan tapi memang sudah saya kumpulkan dari beberapa referensi, hasil penelitian para peneliti terkemuka, dan pengamatan saya sendiri selama beberapa tahun).
Nah, untuk itu, saya harus langsung menanyakan, apakah kita mau meneruskan budaya malas yang berleha-leha dalam berkreasi? masihkah mau tertinggal 30 tahun? ataukah mau mengintrospeksi diri, membuat target, membuat kreasi dan prestasi, serta memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia??

Ini pilihanmu...

Semangat!!
Salam, Atika

4 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik untuk dibaca, n memotivasi kita supaya lebih giat belajar, makasih ukhti ?

    ReplyDelete
  2. nice!! tapi itulah kenyataannya...
    mau berubah.. itu kuncinya.. dari pribadi sendiri dulu tentunya...
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukran ka fadhil :)
      betul sekali... ubah dulu diri sendiri-> keluarga-> lingkungan terdeat-> kerabat-> dan mencakup yang lebih besar lagi

      Delete