15 Dec 2012

Berbakti Kepada Orang Tua

Saya agak bingung dalam memberi judul, tapi intinya materi ini membahas tentang pentingnya berbakti kepada orang tua, selamat membaca :)

Dahulukan kepentingan orang tua dibandingkan diri sendiri
Kita harus mengedepankan orang tua dari pada yang lain.
Jangan sampai harapan untuk mendapatkan kecintaan manusia (orang lain) membuat kita melakukan tawar-menawar terhadap kebenaran yang telah Allah perintahkan.


Foto Hj. Atia/ Mama (Kiri) dan Ir. H. Abdul Aziz/ Aba (Kanan)



“Dan hampir-hampir mereka itu merusak (keyakinanmu) terhadap ayat-ayat yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar engkau mengadakan kata kata dusta terhadap Kami (dengan perintah) selain Nya. Selanjutnya (apabila engkau mentaati mereka) pastilah mereka menjadikan dirimu sebagai kekasih.” (al Isra: 73)”
Kalau sudah punya penghasilan jangan sampai melupakan orang tua. Sebelum punya penghasilan, kita bisa hidup karena apa? karena harta dan cinta yang diberikan orang tua juga kan...
Terlebih bila telah mendapatkan nikmat sibuk, komunikasikanlah segala kegiatan orang tua agar hbungan yang harmonis tetap terjaga.

Bagaimana bisa berterima kasih kepada Allah kalau pada orang tua saja tidak bisa.

Berbaktilah kepada orang tua sampai ke taraf IHSAN atau terbaik.
Kita boleh tidak menurut/mematuhi orang tua, HANYA kalau orang tua kita mengajak kepada kemaksiatan.
Kita harus pintar bersosialisasi dengan orang tua.

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, aku bertanya kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, “Amal apa yang paling dicintai Allah Azza Wajalla?,
beliau menjawab, “Shalat tepat pada waktunya”.
Aku bertanya, kemudian apa lagi?,
beliau menjawab, “Berbuat baik terhadap kedua orangtua”.
Aku bertanya, kemudian apa lagi?,
beliau menjawab: “Jihad fi sabilillah”.
Ia berkata, Demikian Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam mengabarkannya kepadaku, seandainya aku meminta tambahan, niscaya beliau menambahkannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Merujuk pada hadits diatas, terdapat 3 amalan terbaik yang paling dicintai Allah, yaitu:
1. Shalat pada waktunya
2. Berbakti kepada orang tua
3. Berjihad di jalan Allah

Ketiga amalan tersebut  tersusun secara urut. Jadi, seseorang dilarang berjihad bila sedang harus merawat orang tuanya. Begitu penting dan dahsyatnya imbalan Allah pada orang yang berbakti pada orang tua.

Ridha Tuhan tergantung ridha kedua orang tuanya dan murka Tuhan tergantung murka keduanya (HR. Thabrani).

Kalau tidak diridhai orang tua maka tidak dirahmati Allah dan hidup tidak bahagia. Jangan sampai keluar kata-kata dari orang tua yang mengatakan kita anak durhaka. Jangan sampai... Bila sudah terlanjur pernah, bertaubatlah pada Allah dan perbaiki akhlak terutama pada orang tua dan minta maaf lah pada mereka. Sungguh, Allah maha pengasih lagi maha penyayang... :)

Jika seseorang punya harta tapi tidak bahagia, berarti dalam harta tersebut tidak ada rahmat dari Allah. Hidup miskin tapi bahagia, berarti dirahmati Allah. Pilih yang mana hayoh?? Paling enak mah banyak harta dan dirahmati Allah agar bahagia dunia dan akhirat ya... Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu dirahmati Allah SWT. Aamiin.

Rahmat Allah itu beserta pada orang-orang mukmin, yaitu orang-orang yang berbakti kepada orang tua secara ihsan. Dengarkanlah setiap pandangan orang tua. Janganlah nasihat dari mereka bagai 'masuk kuping kanan keluar kuping kiri' apalagi kalau tidak masuk sama sekali. Jangan sampai... Kita tidak mau menjadi anak yang durhaka kan? mau jadi anak yang berbakti kepada orang tua secara ihsan kan? naah...

Foto Aba dengan Jeddah/ Nenek (Ibu dari Aba ku)
Sosok Aba yang sangat mencintai orang tuanya sangat menginspirasiku.

Bantulah orang tua dalam menghilangkan kesulitannya. Jangan nuntuuuuut terus. Memangnya orang tua itu pelayan kita apa??? Ingat, mereka telah merawat kita dengan tulus dan ikhlas sedari kita masih menjadi calon manusia. Lalu kenapa kita masih saja menuntut pada mereka?? Hati-hati dengan setiap ucapan yang kita ucapkan, sadar atau tidak sadar. Bisa jadi itu telah menyakiti perasaan mereka dan menambah beban pikiran mereka tanpa kita ketahui. Kalau orang tua sedang mengalami kesulitan, maka bantulah dengan cara terbaik yang kita bisa. Karena disitulah terdapat rahmat Allah.

Dosa yang tidak terampuni, yang langsung diazzam oleh Allah adalah dosa zalim kepada orang tua Sesungguhnya janji Allah itu nyata.

Silaturahim ke orang tua juga tidak boleh putus. Hal ini dapat memperpanjang umur dan memperluas rezeki, insya Allah. Berkomunikasilah yang baik kepada orang tua. Terlebih bagi yang telah memiliki/membina keluarga baru. Ketahuilah nazar orang tua, hal-hal yang masih mereka pendam, wasiat mereka pada kita, serta utang-utangnya. Kita wajib tau karena kita ahli warisnya.

Oke, sekian materi yang saya dapatkan dari kajian yang saya pernah ikuti. Semoga bermanfaat :)

0 Comments:

Post a Comment