22 Mar 2012

Adab Majelis atau Pertemuan (Pendidik harus paham ini) :)

Saat mengaji, murabbi saya mengajarkan mengenai materi dasar yang sangatlah penting untuk diaplikasikan karena dilandaskan oleh Firman Allah SWT.  Materi ini mengenai adab-adab yang perlu dilakukan dalam suatu pertemuan seperti rapat kerja, diskusi formal, mengajar privat, dan lain sebagainya.

Adab Majelis / Pertemuan :

1. Membaca basmalah dan meluruskan niat

Nabi SAW bersabda:
“Setiap perbuatan yang bermanfaat yang tidak dimulai dengan bismillahirrahmaanirrahiimi maka perkara itu terputus.” (HR. Abu Dawud)

"Sesungguhnya seluruh amalan itu tergantung pada niatnya." (HR. Bukhari Muslim)


2. Bersedekah sebelum dimulai

Firman Allah:
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu dan lebih bersih; jika kamu tiada memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al-Mujadilah:12)

"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." (Al-Imran:92)

3. Berlapang-lapang dalam majelis

Firman Allah:
"Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Al Mujadilah:11)

"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar." (Al-Fath:29)

4. Merendahkan suara dalam berbicara

Firman Allah:
"Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertaqwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. Sesungguhnya orang-orang yang memanggil kamu dari luar kamar(mu) kebanyakan mereka tidak mengerti." (Al-Hujurat:2-3)

"Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." (Al-A'raf:205)

5. Mendengarkan dengan baik bacaan Al-Qur'an

Firman Allah:
"Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (Al-A'raf:204)

6. Membaca Al-Qur'an dalam tawadhu dan berlindung kepada Allah SWT

Firman Allah:
"Apabila kamu membaca Al Qur’an hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk." (An-Nahl:98)

7. Jangan terpancing pada perdebatan

Firman Allah:
"Sesungguhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Al-Mukmin:56)

8. Dalam menetapkan suatu hukum, jangan mendahului Al-Qur'an dan Al-Hadits

Firman Allah:
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Al-Hujurat:1)

*********

Sebenarnya masih banyak hal, adab-adab bermajelis atau mengadakan pertemuan yang tidak dicuplikan dalam blog ini, namun 8 hal yang (bagi saya) paling penting adalah adab-adab diatas.
Semoga bermanfaat.

0 Comments:

Post a Comment