11 Jul 2012

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Ramadhan

Berikut adalah materi yang disampaikan oleh Ust. Azhar pada penutupan pengajian bulanan di kediaman ibu Fahimah Askar di Pondok Bambu Town House. Selamat Menyimak :)
1.  Tiga alasan puasa wajib dilakukan pada bulan Ramadhan, yaitu: 1) karena Ramadhan adalah bulan turunnya Al-Qur’an, 2) Syaitan dirantai oleh Allah/ dipersulit jalannya untuk menggoda manusia, tapi bukan berarti tidak ada godaan. 3) Pada waktu ini pintu surga dibuka oleh Allah dan pintu neraka ditutup oleh Allah.
2.   Ramadhan adalah ajang untuk banyak-banyak beramal dan pahala juga berlipat ganda. Dan khusus diantara malam ganjil pada 10 hari terakhir ramadhan ada lailatul qadar jadi mesti bener-bener tingkatin ibadah.
3.    Zakat Fidyah adalah zakat yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak mampu berpuasa wajib, baik itu ibu sedang hamil tua, ibu baru melahirkan yang tidak boleh puasa selama beberapa hari maupun orang tua yang sudah tidak kuat puasa.
Membayar zakat fidyah adalah dengan makanan bukan uang karena kalau uang lebih baik diniatkan untuk zakat mal. Ukuran zakatnya yaitu setengah sha’ untuk semua jenis makanan yang biasa diberikan seseorang untuk keluarganya, baik beras, kurma, dan lainnya atau senilai kurang lebih 1,5 kg untuk per hari ditinggalkannya puasa wajib. Misal seorang lansia tidak mampu puasa wajib sebanyak 30 hari berarti membayar zakat fidyah sebanyak 45 kg beras. (Dibantu oleh www.darussalaf.or.id)
4.  Kalau sebelum membayar zakat fidyah ternyata orang yang bersangkutan harus membayar ternyata meninggal maka yang bayar puasa/ zakat fidyah adalah ahli warisnya. Tapi ahli waris tersebut harus yakin kalau orang yang meninggal itu memang hutang puasa.
5.  Derajat orang berpuasa disamakan oleh Allah dengan as-sidiqin (orang yang jujur dalam masalah keimanan) dan derajatnya juga sama dengan orang yang mati syahid. Subhanallah
6.  Sunah dalam berpuasa, yaitu: (1) Sahur, meskipun hanya setegak air karena ada keberkahan dan mengikuti sunah Rasul. Makan di waktu sahur juga membedakan puasa umat muslim dengan puasa ahli kitab (yahudi dan nasrani). Bagi orang yang bersahur maka malaikat akan bersalawat dan berdo’a agar kita terbebas dari api neraka, Allah juga akan memberi ampunan, rahmat, dan rizki. (2) Waktu sahur hendaknya mendekati azan Subuh. Jarak waktu sahur dengan azan subuh yang disunahkan Rasul adalah setara dengan pembacaan 50 ayat Al-Qur’an atau setara dengan 30 menit. Orang yang berpuasa dengan sahur maka lebih sehat dan fisiknya kuat. (3) Makanan yang dianjurkan adalah kurma. Biasanya Rasulullah memakan kurma dengan bilangan ganjil dan paling banyak adalah 7 buah. (4) Beberapa waktu sebelum waktu berbuka, hendaklah perbanyak do’a karena do’a sebelum berbuka puasa di bulan Ramadhan adalah mustajab dan akan dikabulkan oleh Allah. (5) Kalau masuk waktu untuk berbuka puasa, sebaiknya langsung batalkan dulu puasanya. Dan bila tidak terdengar azan maghrib maka patokannya adalah tenggelamnya matahari.
7.      Do’a berbuka yang disunnahkan Rasul hanyalah do’a ini: “Dzahabaz zhamaa’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya alloh”. Artinya “Telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat, dan telah ditetapkan pahala, Insya Allah. Do’a lainnya adalah Dhaif. (Baca artikel saya yang lain tentang Beberapa Hadits Dhaif tentang Pengamalan di Bulan Ramadhan)
 Ramadhan is time to recharge your iman :)

0 Comments:

Post a Comment