5 Sept 2013

Bacalah !



Allah SWT telah memerintahkan hambaNya langsung melalui firmanNya dalam QS. Al-Alaq : 1 yang berbunyi, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan”. Berawal dari perintah tersebut umat muslim dan muslimah menjadi termotivasi untuk ‘suka membaca’. Tentunya, bahan bacaan yang dibaca haruslah bersifat ahsan (baik) dan mampu meningkatkan ilmu dan keimanan kita. Dalam ayat tersebut telah dijelaskan bahwa saat membaca, harus diiringi dengan mengingat Allah. Hal ini ditujukan agar kegiatan membaca  dinilai sebagai amal bagi Allah SWT sehingga berbuah pahala bagi hambaNya yang melaksanakannya.

Selanjutnya Allah menekankan lagi perintah untuk membaca dalam QS. Al-Alaq : 2-5, yang berbunyi, “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam (tulis baca). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. Kegiatan ‘Membaca’ adalah sarana bagi hamba Allah SWT untuk mengenal Tuhannya, yang telah menciptakannya. Lalu Allah SWT menekankan lagi perintah membaca pada ayat selanjutnya karena urgensi membaca yang amat tinggi. Dengan membaca, Allah SWT dapat mengajarkan hambaNya, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham.
Sungguh, manusia penuh dengan kekurangan, terutama kekurangan ilmu. Salah satu ciri manusia yang sukses adalah ‘haus akan ilmu’. Hal tersebut harus mengkultur ke dalam diri setiap insan. Apabila, seorang manusia sudah merasa cukup ilmunya dan menjadi malas untuk belajar, ketahuilah bahwa Allah SWT, dalam QS. Al-Alaq : 6-7 berfirman, “Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas, karena dia melihat dirinya serba cukup”. Jangan sampai Allah mengkategorikan kita sebagai hambaNya yang melampaui batas dan tidak bersyukur terhadap pengetahuanNya yang telah sangat banyak beredar dan tersebar dalam berbagai media, salah satunya adalah media ‘buku’.
Sebagai motivasi tambahan bagi muslim dan muslimah dalam mencari ilmu, Allah SWT berfirman dalam QS. Mujadilah: 11, yang berbunyi, “niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat…Subhanallah, Maha Suci Allah SWT dari sifat kekurangan, begitu besar rahmat Allah SWT bagi orang-orang yang berilmu karena-Nya. Meraih ilmu melalui membaca juga menjadikan insan yang fathonah (cerdas), yang dapat mengatasi berbagai urusan yang dilaluinya. Allah SWT mengingatkan hambaNya dalam QS. Al-Qomar: 53, yang berbunyi, “Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis”. Hal tersebut adalah beberapa urgensi dari membaca yang menjadikan kita termotifasi untuk terus mencari ilmu, diantaranya dengan membaca.

0 Comments:

Post a Comment